Kamis, 11 Oktober 2012

FITNAH DUNIA MAYA

internet sekarang bukan sesuatu yang luar biasa. Dalam hampir sebagian besar waktu kita, internet menjadi bagiannya.facebook, twitter dan jejaring sosial lainnya cukup mengundang peminatnya untuk rajin meng-update status. mbah google pun punya peran penting buat menjawab segala macam pertanyaan yang kita tidak tahu. PR anak,alamat teman, alamat kantor plus nomor telpon langsung saja tanya mbah google.

begitu pula dengan kehidupanku. setiap hari tidak pernah lepas dari internet. dikantor, gmail merupakan sarana untuk kirim-mengirim data dengan bank/pos mitra kerja. gtalk menjadi tempat saling berbagi info tentang pekerjaan, kabar ataupun sekedar say hallo dengan teman yang lama tidak berjumpa.internet ini telah mendekatkan yang jauh, membuat dunia seakan tidak bersekat yang dalam bahasa kerennya globalisasi (betul nggak????) dan aku sekarang menjadi bagian didalamnya:)))

seiring perkembangan dunia maya yang begitu pesat, kita yang didalamnya sering menjadi terlena dan melupakan batas-batas agama. secara sadar ataupun tidak, barangkali itu yang kulakukan.dimateri pengajian yang ku peroleh, kita tidak boleh beriktilat, tidak boleh berdua-duaan dengan lawan jenis tanpa muhrim ataupun berha-ha-hi-hi  dengan lawan jenis. di dunia internet sekarang, dengan facebook kita begitu mudah menyapa dan mengomentari status teman tanpa pandang bulu siapa beliau.dengan chat room kita bisa membuat ruangan khusus berdua tanpa ad gangguan dari siapapun.bahkan bisa jadi ad yang lebih dari itu ya????batas-batas antara ikhtilat dan khalwat seakan tersamarkan dengan dalih kita berada dalam lokasi yang berjauhan.

kiranya memang tidak salah kalau kita harus lebih sering istighfar.beberapa waktu yang lalu ada kejadian yang menjadi sebuah instropeksi buatku terkait dengan dunia maya. ada istrinya seorang teman yang memintaku untuk tidak berhubungan lagi dengan suaminya lewat dunia maya, pun itu sebatas keperluan(dengan berbagai pertimbangan yang menurutku logis juga sih). aku pun menuruti permintaannya. ternyata kadang sesuatu yang bagi kita biasa saja di dunia maya, bisa membuat suami istri bertengkar atau membuat si istri tidak tenang dan suudhan dengan suaminya. rupanya syetan memang selalu meniup-niupkan prasangka dan keragu-raguan terhadap pasangan yang sudah menikah karena ingin menghancurkan ikatan mereka.

belajar dari pengalaman tersebut, sekarang aku lebih hati-hati lagi dalam berhubungan dengan teman-teman di dunia maya. jangan sampai dunia maya yang begitu nyaman untuk dijelajahi ini menjadi fitnah tersendiri buat kita ataupun keluarga kita. dan jangan sampai aktivitas kita di dunia maya menjadi lahan subur bagi syaitan untuk menumbuhkan benih-benih kerusakan di dunia dan akhirat kita. BE CAREFUL.

terimakasih kepada mbak.     .....semoga keluarga mbak sakinah mawadah wa rahmah untuk selamanya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar