Minggu, 15 Juli 2018

Edukasi Hewan Laut

Hari ketiga ini, saya mencoba mencarikan game edukasi untuk anak-anak. Pilihan saya jatuh pada game Anak Edukasi Hewan Laut dari Bamboo Cannon Studio. Berikut ini tampilan dari Game tersebut.


Pada menu mengenal hewan, ditampilkan jenis-jenis hewan laut dan nama-namanya. pada Menu bermain Puzzle, anak-anak diajak untuk menyusun puzle dari gambar hewan-hewan laut tersebut. Tingkat kesulitan dari puzle tersebut ada tiga mulai dari yang mudah hingga yang sulit. Menu bermain puzle ada pada gambar berikut :


Saya belum sempat mengkesplore menu-menu yang lain karena mbak Dina sudah tidak sabar untuk memainkannya. menurut saya, game ini cocok untuk usia anak diatas dua tahun. Sebenarnya untuk anak seumuran Dina (8 tahun) game ini terlalu mudah, namun ternyata mbak Dina juga menikmatinya. Jadi saya biarkan dia mengeksplore sendiri game ini, tentunya dengan batas waktu yang telah ditetapkan.

Belajar bahasa Arab

Sebenarnya niatan untuk belajar bahasa arab sudah lama, namun ada saja alasan yang membuat planning ini tertunda. beberapa hari yang lalu, seorang teman membagikan link pendaftaran program belajar bahasa Arab. saya pun tertaarik dan mencoba mendaftarkan diri. berhubung kelasnya baru dimulai bulan Agustus, mencoba mencari dulu gambaran pelajaran bahasa Arab yang akan diikuti.

Saya menemukan aplikasi ini.


Aplikasi belajar bahasa Arab program BISA. Menu yang terdapat dalam aplikasi ini dapat dilihat pada gambar di atas. Nahwu merupakan sebuah buku dalam bentuk elektronik yang diperbolehkan untuk dicetak dan diperbanyak sepanjang tidak untuk tujuan komersil. Di dalam buku ini terdapat Enam Bab yang dimulai dari pengantar ilmu nahwu hingga latihan. Inti dari Ilmu Nahwau sendiri adalah sebagai salah satu cabang dalam ilmu Bahasa arab yang membahas tentang bagaimana menyususn kalimat yang sesuai dengan kaidah Bahasa Arab, baik yang berkaitan dengan letak kata dalam kalimat atau kondisi kata (harakat akhir dan Bentuk)  dalam suatu kalimat.
Sedangkan Shorof dalam bentuk buku juga yang terdiri dari 9 bab dan inti dari ilmu sharaf adalah membahas perubahan kata dari satu bentuk ke bentuk yang lain.Menu-menu yang lain yang terdapat dalam aplikasi ini ini sebagimana gambar berikut :





Menu-menu yang terdapat dalam aplikasi dalam aplikasi ini pada dasarnya adalah untuk memperjelas buku elektronik yang terdapat dalam nahwu dan shorof.
Nah, teman-teman yang tertarik, silahkan mencoba!

Kamis, 12 Juli 2018

Tantangan hari Pertama

Di level 12 ini temanya adalah tentang keluarga multimedia. Bagaimana seorang ibu dituntut untuk lebih melek multimedia mengingat perkembangan zaman begitu pesat. Kita harus mampu mengimbanginya dan memanfaatkan dengan baik untuk kemaslahatan keluarga kita.
Bagi saya sendiri, ada trauma mendalam terkait teknologi yang sampai sekarang masih membekas dan membuat saya takut untuk "ngulik" teknologi. tantangan di level 12 ini mengajak saya mengobati trauma tersebut.

Aplikasi pertama yang saya coba adalah i perpusnas.  Saya mengenal aplikasi ini dari status seorang kawan. saya memilihnya sebagai salah satu aplikasi yang ingin saya pelajari karena kebutuhan untuk buku-buku bacaan Mbak Dina yang kalau minta beli terus menerus, berat di kantong. berikut ini review singkatnya

Tampilan awal aplikasi setelah kita menginstallnya. kita bisa masuk melalui akun email ataupun facebook yang kita miliki



Tampilan selanjutnya



untuk memperoleh akses yang lebih banyak, kita harus login. setelah login, saya memilih bergabung dengan e-pustaka.



kemudian saya mencoba mencari buku komik untuk memfasilitasi hobi mbak Dina baca komik.



pilihan saya jatuh pada komik di bawah ini.



masih terdapat banyak buku di i perpus ini yang bisa kita jadikan bahan untuk memperkaya wawasan keilmuan kita. selamat mencoba.

Jumat, 01 Juni 2018

Berawal dari Hal kecil

alhamdulillah, kami dikaruniai seorang putri dan seorang putra. Terkait dengan materi menumbuhkan fitrah seksualitas ini, kami mencoba mengajarkan kepada mereka sedari kecil dalam kegiatan sehari-hari yang kelihatannya sepele. Seperti gambar diatas. Pesawat kertas itu adalah pesawat mainan hasil kreativitas ayah dan anak-anak.  Pesawat yang panjang adalah milik mbak D dan pesawat yang lebar adalah milik dek F. Yang istimewa dari mainan tersebut adalah gambar yang dibuat di atas pesawat berbeda dan menjadi pembeda terkait dengan pemiliknya. Gambar di pesawat Mbak D lebih feminin dan punya dek F lebih maskulin. Begitulah kami mempraktekan pendidikan fitrah seksualitas ini kepada anak-anak. Sedari kecil, kami mengajarkan bahwa mereka itu berbeda, mbak D cewek dan dek F cowok. Alhamdulillah, mbak D sudah paham mengenai identitas gendernya. PR besar adalah dek F yang masih rajin bertanya kenapa aku cowok, aku maunya seperti bunda aja dan pertanyaan-pertanyaan lain yang sejenis( sepertinya karena terlalu dekat dengan Bunda). Kami harus lebih banyak memberikan stimulan Vitamin A untuk dek F.

Tarbiyah Jinsiyah Sebagai Jalan Keluar Menjaga Fitrah Seksualitas Pada Anak


Tarbiyah Jinsiyah Sebagai Jalan Keluar Menjaga Fitrah Seksualitas Pada Anak

(Kelompok 9 Kelas Bunsay JKT 2)





Rahma :  Disebutkan dalam slide diatas bahwa : tujuan tarbiyah jinsiyah adalah menghambat syahwat seksual Dan mengarahkannya hanya di koridor pernikahan.
Bagaimana Cara menjelaskan Dan memberikan contoh real yg benar kepada anak-anak yang baru akil Baligh ini.. dimana dorongan Dan rasa ingin tahunya besar.....???
Jawaban :
Zakiyah : Bismillah, saya coba jawab ya mbak... di pendidikan ini yang kami pelajari bersama itu menyatakan mmg dikembalikan semua pendidikannya mengacu kepada Alquran dan Hadist. tetap diberitahu dengan cara santun dan tidak vulgar. Plus diingatkan untuk tidak boleh berlebihan, dan beritahu juga kepada anak jika melakukan pelanggaran, krn itu termasuk zina dan itu dosa besar..


Tia : Pada usia berapakah anak mulai diberi tahu nama alat kelaminnya... Kalo di teori sex ed.kan katanya beritahu dengan bahasa sebenarnya ya, mis. Pen*s ato v*g*n*.. aku ngasih taunya kecepetan di umur menjelang 2 taun trus dia suka sebut2 dong 😭 misal lagi mandi trus teriak2 "Pen*snya disabuniiin..." πŸ‘‰πŸ» kalo kedengeran orang, awkward bangettt
Rahma :  Aku juga curious to know it...beberapa orang tua memberikan dengan Nama real penis Dan vagina dari usia 4 tahun...sejak pengenalan seks education di tingkat TK....
Aku sendiri mengajarkan dengan bahasa asli atau kedoketrannya Dan bahasa sehari2 Kita.misalnya, tempat pipis....ini saja perlu duduk lama Dan dengan bahasa sesedehana mungkin utk usia 4 tahun....agar tercapai tujuan diskusinya
Jawaban :
Zakiyah Iip: Bismillah, mbak tiaa, jujur saya jg memberitahu karim di bawah umur 1 tahun. tp mmg saya ttp memberitahu. ada hal2 yg malu jika di sebut di depan org lain. jd jika saya memandikan, atau suami saya memandikan. ttp saya beritau itu p*nis karim harus jaga ya, tidak blh ada yg pegang dan lihat. malu nak, itu bagian aurat yg harus di tutupi. biar Allah ga marah sama kita. tapi kl lg dicek sama bu dokter boleh, asal sama ibu dan ayah ya...
nah dari situ entah mengapa alhamdulillah karim selalu malu kl buka popok even depan saya juga mbak. krn mgkn mmg dia udah merasa belong to him kl ya hihi



Widya :  Untuk tarbiyah jinsiyah ini sendiri mksdnya dilakukan oleh ortu sendiri ataukah melalui media ( sperti program khusus atau bagimana?) maksudnya contoh praktek nya seperti apa ya
Zakiyah Iip: Wa'alaykumsalam mbak.. Bismillah saya akan jawab ya mbak. sebenarnya tidak ada program khusus namun ada 15 konsep yg di rangkum dalm pendidikan ini. sebentar lagi saya akan share. nah tp ttp harus dipelajari oleh kita sbg ortu adalah melihat faktor2 tantangan di dunia mereka skrg ini. dab mencari jawaban dari pendidikan tarbiah jinsiah ini. singkatnya kita harus kembali kepada Alquran dan hadist.
Yuli : Izin menambahkan ya mba 😊. Sepakat dengan jawaban mba zaki..
Hanya menambahkan. Untuk anak yg baru Aqil baligh sebaiknya diajarkan detail toharoh ya mba. Bagaimana cara mandi wajib. Dan ajarkan pula shaum sunnah untuk menahan sahwat..
Dan untuk anak laki-laki sebaik sedari kecil sudah diajarkan menjaga pandangan sehingga kelak ketika masa Aqil Baligh mereka tidak terlalu cerious sama lawan jenis dan masalah seksualitas. Ini sudah di contoh kan oleh teh kibar 😊
Yuli :  Mengenalkan alat kelamin itu merupakan salah satu pengajaran agar fitrah seksualitas si anak tetap terjaga. Sebaiknya diajarkan juga adab malu memperlihatkan alat kelamin juga 😊


Rizky IIP: πŸ™‹πŸ»
-Bagaimana menjelaskan tentang istilah kemaluan laki-laki Dan perempuan pada anak balita ?
Apakah menggunakan kata "farji" atau sesuai dengan istilah medis.
- bagaimana menjelaskan tentang haid pada anak usia 7tahun. Sebab seorang Ibu pernah trauma mendapat menjelaskan haid Dari orang Tua terdahulu
Yuli : Sebenarnya di jaman sahabat sampai tabi'in masalah seksualitas menjadi suatu yg tidak penting karna begitu taat nya mereka terhadap perintah Allah.
Sehingga tidak ada kitab khusus yg mempelajari ilmu ini..
Tapi saat ini memang fitnah seksualitas sangatlah kuat dan merusak fitrah manusia akhirnya ulama mulai kembali mengkaji tarbiyah ini.
Dan alim ulama semua sepakat klo tarbiyah ini dilandaskan oleh fiqih.
Jika anak memahami fiqih mengenai seksualitas in syaa Allah hingga dewasa terjagalah fitrah nya . Ini hasil kesimpulan dr mendengar dan membaca artikel dari beberapa ustad seperti ustad budi ashari, ustad bendri dan ustad harry
Zakiyah Iip: Bismillah, saya coba jawab ya mbak. kl menurut saya pribadi, saya akan memperkenalkan istilah tsb dgn dalam bahasa sehari2, ini kemaluan, dalam medis disebutnya penis. dalam bahasa arab disebut farji. sehingga anak mengerti bahwa itu intinya sama.. maka menurut saya itu kembali lagi pada pilihan yang diajarkan oleh ibunya mbak. tp intinya ttp sama, asal anakntidak bingung aja..
Zakiyah Iip: kalau untuk mens, kembali lagi diberitahukan dengan bahasa sesuai umur anak. dan ttp mengacu pada fiqih yg ada. mungkin ada yg trauma karena bagi beberapa org  cara memberitahukan mens ke anak jadinya beban dan takut mbak. "oh kamu mens, hati2 ya jangan sampai ini itu" lgsg ke pelanggarannya. padahal yg anak perlu tau, mens itu adalah lumrah bagi perempuan, dan menandakan bahwa kalau anak ini sehat. dan beritahu bagaimana cara utk memakai pembalalut, ajarkan mandi wajib. dan lain2 sesuai fiqih dengan santun. baru ketika anak sudah siap. diberitahukan bahwa ada do dan donts yg harua dijalanain.. seperti utk wanita tidak tabarujj dll
Yuli :  Nambahin sedikit yah. Untuk anak tujuh tahun klo sy akan diberi tahunkan pemahaman dr aspek religi nya mba kalau sudah haid berarti sudah Baligh, sudah memiliki catatan dosa dan pahal dan sudah harus menjalankan ibadah yang diwajibkan agama.
Klo untuk pemahaman secara biologis nya bisa pakai bahasa sederhana yg bisa dipahami anak mba 😊

Zakiyah 
 Sebut saja Namanya Ari. Ari teman sedari kami SMP, kami disekolahkan di sekolah islam ternama. Karena baru kenal di SMP, kami tidak pernah tau bagaimana masa kecil-SDnya. Namun, yang kami tau dari teman sekolah TK-SDnya dia memang lebih nyaman bermain dengan perempuan, karena suka di bully oleh teman laki-laki dikarenakan masalah fisik (Maaf Gendut jadi dalam urusan aktivitas fisik tidak terlalu menonjol). Hanya segelintir anak laki-laki yang bisa dan mau bermain dengannya. Begitu juga di SMP, namun Kami sebagai teman karib tidak pernah berfikir jauh ke arah yang  negatif. Karena "group/genk" kami pun ada 2 anak laki-laki lainnya yang bermain bersama Ari selayaknya pertemanan antar laki-laki normal.
Waktu berjalan, kami pisah sekolah SMA, Kuliah dan tempat kerja. Sampai suatu saat kami dipertemukan dan Ari mengaku bahwa dirinya adalah GAY. Teman laki-laki kami sontak geli walaupun mereka cenderung lebih santai dan tidak mau ambil pusing. Tapi bagi kami sebagai perempuan mempertanyakan ada apa yang terjadi selama kurun waktu kami berpisah dan apa yang kami tidak pernah tau sebelumnya?
Dan akhirnya Ari pun bercerita. Masa kecilnya dihabiskan tanpa adanya "kasih sayang" dari orangtua. Dia selalu mencoba menarik perhatian Ibunya yang sibuk, ya Ibunya bekerja. Ari bilang setiap hari Ari melihat rutinitas sebelum Ibunya bekerja. Yaitu, buat sarapan, beberes, mandi, dan dadan. Dari situlah awal mulanya dia asyik bermain dandan-dandanan. Pernah ketahuan? pernah! Dia dimarahi dan selalu di bilang "Ari Jangan kaya banci!"

Bagaimana dengan Ayah Ari? Ayah Ari menurutnya orang yang keras dan tidak pernah dekat dengannya. "Buktinya, nggak ada sosok dia tuh di mata gw", imbuhnya. Oh iya dia 3 bersaudara, semuanya laki-laki. Dan dia pun bilang, bahwa "ingin dilindungi di diri gw tuh udah ada dari kecil, gw nggak mau melindungi." "pengennya gw itu diayomi gitu, dirangkul." "Gw udah coba jadi sosok laki-laki, tapi tetap aja nggak bisa."
Kami sontak bertanya, terus dulu lu pacaran sama si Ani itu gimana maksudnya? "Ya, itu saat gw mencoba untuk kembali ke laki-laki, tapi gagal. Capek ngelindungin mulu." jawabnya.
Lanjut cerita, bukan karena figur feminisme Ibunya saja sosok yang dia contoh, namun selama dia di tinggal kerja, dan dititipkan oleh Nenek dan Kakeknya (rumah berdekatan). Ari suka colongan main sama tetangganya tanpa pengawasan. Dia bilang dia senang kalau bermain sama tetangganya, terus di suruh joget, terus mereka menyoraki dan memberi apresiasi dengan apa yang Ari lakukan. Dari situlah dia suka joget dan sekarang jadi lead zumba. Plus dia suka lekuk tubuh seorang perempuan dalam gerakan-gerakan joget tersebut. "Seru!" katanya lagi.
Singkat cerita, Ari bilang ketika kuliah, dia ketemu lingkungan GAY, pokonya dia punya group GAY diajak temannya. Karena dia merasa punya bibit perempuan dalam tubuh laki-laki dan perjalanan cintanya dengan lawan jenis pun gagal terus, dia mikir "yaudah lanjutin aja bibit perempuan yang sudah lama terpendam, toh "gw nyaman! Dosa mah yaudahlah ya, gw yang tanggung. Gw juga masih kok shola…

Zakiyah Iip: yuk buibu, kita diskusi.. kira2 dari cerita diatas apa saja poin yg bertolak belakang dari 15 konsep tarbiyah jinisiyah?
Widi : Mungkin ini orang tuanya terlewat semua dari 15 konsep tarbiyah jinsiyah-nya yaaa 😒😒
Maka saya gak berani dandan skrg. Anakku lelaki 2 org.
Klo mau pake cream ngumpet ke kamar si kakak atau KLo malem dlm keadaan kamar udh gelap. 😒 Serem. Dan peralatan dandan yg padahal cuman lipen dan cream2 doank ak umpetin diluar jangkauan 2 anak laki2
Siti Cholidah: Jadi inget cerita suami aku zaky. Kl boleh saran utk tmnnya zaky diingatkan dg kematian. Dg azab kubur. Dg azab kaum nabi lut. Dan ada kasus benar adanya. Tetangga teman suami ada kedapatan meninggal d tempat krn GAY dan sdh mengidap penyakit AIDS, dr rmhnya tercium bau busuk yg tdk hilang meskipun jenazahnya sdh d kuburkan. Dan yg paling miris tak ada satupun teman2 GAY nya yg dtg menjenguk saat sakit sampai meninggal. Hanya para tetangga dan FPI setempat yg mengurusi jenazahnya.

Zakiyah : nah ini salah satu poinnya.. ajarkan kepada anak. bagaimana kita berdandan bukan tabarujj.. kita berdadan dalam islam diperbolehkan tp untuk suami.. dan lagi2 konsep ketika berduaan dengan suami anak harus mematuhi akan ijin masuk kamar orangtuanya
Siti Cholidah: Iya mba suami bilang kirain itu cm ada d sosmed. Ga taunya nyata.😭
Zakiyah Iip: yaa mbak, salah satunya itu.. poin aqidah kepada anak. bagaimana mereka harus paham dan takut akannya azab Allah di hari akhir. dan bagaimana panas nya api neraka itu benar sejatinya...
dari kasus teman saya ini, dia merasa tidak takut akan itu..
Zakiyah Iip: dadan dengan kondisi rapih dan bersih, santun aurat ibu juga ttp harus di jaga didalam rumah.. itu yg saya pahami.. krn kita role model mereka ya kan kakak.. smg bs sll ibu yg sholelah ya.. aamiin
Zakiyah Iip: nah ini.... poinnya slow but sure kita bahas ya.. fenomena halal utk pacaran. jangankan di tivi. beberapa orantua yg saya kenal. merasa anaknya kl ga pacaran itu aneh. dan khawatir. bahkan seakan salah 1 faktor utk menyatakan. hoo anak aaya aman dan normal berarti. padahal big no juga. utk menghindari ketodak normalan bukan dengan pacaran juga kan?
Yuli : Share kisah juga yah..
Waktu smp aku punya teman laki-laki yg kemayu..
Kami cukup dekat, dia pernah di rumah itu dari kecil dia selalu dianggap anak perempuan oleh kedua orang tua nya
Karna kulitnya yang putih dan wajah nya yang imut..
Dia ga pernah dibolehkan main Panas-panasan sama ibu nya..
Permainan olah raga pun ga diperbolehkan..
Kata ibunya takut cape dan jadi hitam..
Di rumah juga kadang suka berdandan kaya perempuan dan orang tua nya suka dia melakukan hal itu.
Cukup kasian memang karna jd bullyan Anak2 lelaki
SMA kebetulan satu sekolah lagi, temenku ini ada ikhtiar untuk menjadi lebih menly..
Dia ikut eksklu pramuka tp memang fisik nya Renta jadi sering sakit dan di suruh off lah sama ortu nya.
Kelas dua dia curhat katanya sekarang sering ke taman lawang ketemu bencong2 dan dia nyaman temenan sama mereka..
Kelas dua aku kenal mulai Hijrah dan dia mulai menjauh karena merasa ga nyaman gaul sama 'anak masjid'.
Kuliah aku dapat kabar dr Temen2 satu kuliah nya skrg sudah jd transgender..
Dan sekarang jadi penjajag seksual..
Innalillahi.. Betapa penting peran orang tua dalam menjaga fitrah seksualitas anak

 Nindya Larasati: Nah nyambung dr hal ini. Mungkin agak sedikit curhat. Waktu saya masih jaman jahil saya dan suami sebelum menikah pake proses pacaran dulu hiks karena yaitu tadi ga paham dan ga dilarang org tua untuk pacaran 😭
Setelah belajar jadi paham kalo pacaran amat sangat dilarang dalam Islam.
Untuk mengajarkan anak2 fitrah seksualitas misalnya tidak boleh berpacaran, berdua2an dgn lawan jenis bagaimana ya buibu karena saya sendiri dan suami dulunya pacaran. Kalo anak nanya, ayah ibu dulu pacaran apa engga kan jd bingung hiks mau jujur tp mau mengajarkan yg benar πŸ˜”
 Walaupun belum punya anak sih hehehe tp terus terang ini jadi hal yg paling kepikiran buat saya dan suami
Apakah gapapa saya mengajarkan mereka yg benar padahal dulu aja saya dan suami istilahnya ga benar?
Zakiyah : Bismillah.. saya coba jawab ya sis.. dalam islam kita perlu masa lalu untuk di tutup dan di perbaiki untuk kedepan.. skrg saatnya mmg kita hrs lbh dekat dan menjadikan anak2 nyaman kepada kita
 Widi : Ak pun dulu pacaran, walopun gak ngapa2in yg cenderung ke sex yaah tp udh dosa. Astaghfirullah
Zakiyah : yang saya tangkap dari contoh keluarga teman saya. jadi beliau punya 2 anak laki2.. 22nya lg puber. yg 1 sma dan yg satu smp. tapi gak banyak dari ank lainnya. saya pernah ngorol ke si kakak. bahwa, kok bisa kakak nonton ga sama temennya malah saya ibu?
dia jawab, apa bedanya emgnya ibu sama teman aku kak?
ternyata saya tanya ibunya. pernah ada 1 momen ibunya pusing dengan masa puber si anak. dan dia ajak diskusi. yg kakak mau itu seperti apa dr ibu. dia blg "yang kakak mau, ibu bs menjadi teman baik kakak tapi kakak akan ttp hormati dan sayangi ibu sbg orangtu"
dalam kedekatan itu, si ibu terus memberikan input positif, ttp suka nanya. kak ada perempuan yg kakak kagumi nggak? dia cerita sangat santai. ada ktnya. di tanya lagi. kenapa kakak kagum. jawabnya karena dia 11nya yg pakai jilbab diantara temannya.. si ibu ini ttp merajut komunikasi dengan tingkat kenyamanan level tinggi. bagaimana si anak trust kepada si ibu utk bertukar pikiran sis
😭 sulit bgt aku utk mausk ke taraf gt. kebanyakan nesunya kl aku mah wkwkwk.. tp ya itu mgkn bisa menjadi inspirasi. salah1 utk say no to pacaran pada anak. bagaimana kita bs buat anak nyaman dengan kita. bukan cari kenyamanan dengan org lain dan menuju zina... naudzubillah
 [04:29, 5/29/2018] Iim Khusnul Khotimah: Assalamualaikum.
Alhamdulillah baru selesai manjat.
Ijin bertanya ya bunprof semua :
1. Saat ini kakak (ce 3y3m) dan adik (ce 1y5m) sering saya mandikan bersama. Karena dirumah seringnya cma bertiga sama anak2 klo abinya kerja.
Apakah ini baik atau kapan baiknya mereka sudah tidak dimandikan bersama lagi?
2. Saya dan abinya biasa cium anak2 (pipi, dahi, bibir) dan anak2 juga selalu melihat klo abinya pamit kerja mencium saya dgn cara yg sama (maksudnya cium pipi, dahi, bibir).
Hal ini baik tidak ya??

Rahma :
Saya coba Bantu jawab ya.ini dari sisi pandangan saya..silahkan bisa ditambahkan dengan Bunprof sholehah lainnya....
1. Jika sama jenis kelaminnya pada usia tersebut (3 & 1 y) boleh. Jika beda jenis kelaminnya, maka tidak boleh. Anak-anak wajib Mandi tidak bersama dengan saudara atau orangtua nya pada usia 4 tahun.
2.TIDAK BAIK. Orangtua ke Anak boleh cium pipi Dan dahi.namun TIDAK BOLEH BIBIR.
ORANG TUA TIDAK BOLEH MEMPERLIHATKAB CIUMAN DAHI, PIPI DAN BIBIR DIDEPAN ATAU TERLIHAT OLEH ANAK. HANYA BOLEH CIUM TANGAN YG TERLIHAT OLEH ANAK.

ini lesson learned yg sangat penting Dan hampir2 aku Jadi marah Dan tidak suka dengan orang tua itu (walaupun TERLIHAT pakaian keduanya Islami Dan memanggil ummi Dan abi Dan Rumahnya tidak Ada TV). Tapi Anak Laki-laki lakukan seksual harressment terhadap Anak perempuan aku Dan suami aku marah besar Dan Kita langsung pindah sekolah. Root cause ya adalah karena Anak Laki-laki itu melihat ABI nya mencium umminya.kalau tidak salah di pipi atau di DAHI.ini aku yg investigasi pelan2 dengan Anak Laki-laki itu namun tidak cerita ke gurunya. That's the lesson learned.
Dyas: manarik ini pertanyaaannya mb @Iim Khusnul Khotimah  karena sering kita jumpai ya ...
ikutan menanggapi ya mb 😊
1. Kalau pengalaman saya, saat kedua anak laki-laki saya masih batita juga pernah  dimandikan bareng sekaligus mengajarkan mereka cara mandi, membersihkan bak dan bab mereka sendiri, untuk tata letak peralatan mandi mereka kami susun sesuai dengan tinggi badannya sehingga mereka bisa dgn mudah memperolehnya.
Ketika mereka sidah mengerti tentang aurat sebaiknya tidak mandi bareng lagi 😊
2. Terkait dengan ciuman, kalau kami tidak pernah memperlihatkan ciuman bibir di depan anak-anak dan tidak mencium bibir anak-anak.
Sejak awal kami beritahukan bahwa ciuman hanya utk keluarga saja (mahram) adapun derah yg kami cium (ubun-ubun, dahi, pipi dan tangan) sebagai salah satu cara menunjukan kasih sayang.
Yang paling sering kami lakukan saat perpisahan (sekolah atau kerja) dgn mencium tangan.

Kamis, 31 Mei 2018

Memaksimalkan Peran Ayah dalam Fitrah Seksualitas.


Memaksimalkan Peran Ayah dalam Fitrah Seksualitas.






Presentasi oleh kelompok 8

Dari diskusi seminggu sebelumnya, kita sudah banyak melihat studi kasus:

😒 Penyimpangan seksual
😒 LGBT, bahkan sejak kecil
😒 Pelecehan seksual anak di bawah umur
😒 Sosok lelaki yang lemah sebagai suami atau ayah di rumah
😒 Fenomena alay dan cabe-cabean

Nah biarkan kami bercerita sedikit dulu yaaa.....
Alkisah di suatu negeri, ada sekelompok anak yg sedang berbincang-bincang satu sama lain... mereka sedang berbincang mengenai sosok yg menjadi idola buat diri mereka..

πŸ‘¦πŸ» : eh kamu punya idola ga sih..
πŸ‘² : punya dongggg
πŸ‘¦πŸ»: siapa sih idola kamu
πŸ‘² : Iron Man lah..
πŸ‘¦πŸ» : kenapa???
πŸ‘² : ih masa kamu ga tahu, dia kan pinter, kaya, bisa menyiptakan alat-alat canggih pokoknya dia itu hebat, emang kenapa? Kalau kamu siapa idolamu
πŸ‘¦πŸ» : hmmmm,,,, kalau aku superman dong..
πŸ‘² : hahahaha, kamu ketinggalan jaman dong, itu kan sudah lama banget
πŸ‘¦πŸ» : ih gapapa kali dia kan bisa terbang, kuat dan tampan..
Lalu ada anak lain yaitu 🀡 tiba tiba nimbrung ke dalam percakapan mereka...
🀡: eh kalian berdua pada ngomongin apa sih??
πŸ‘¦πŸ» : ini loh kita lagi pada ngobrol soal idola.
πŸ‘² : iya idola ku superman, si A Iron man
🀡 : oh gituuuu... beda dong sama aku
πŸ‘¦πŸ» & πŸ‘² : emang kamu idolanya siapaaa
🀡 : kalau aku sih.. ya pasti Ayahku lah idolaku
πŸ‘¦πŸ» & πŸ‘² : hahahhahhahaha....... emang ayahmu bisa apaaaaa???
🀡 : macam-macam lah... ayah pintar, bisa melakukan banyak hal, kita sering main bersama, bikin mainan bersama, pokoknya seneng deh sama ayah..
πŸ‘¦πŸ» : ih kamu aneh...
πŸ‘² : yaudah deh, kita pergi dulu kalau gitu
🀡 : ok.. aku juga mau pergi mau ikut ayah dulu buat nyuci motor.

Sesungguhnya di manakah peran ayah? Kenapa ayah ada namun tiada? πŸ‘¨πŸ»πŸ’Ό
🌺🌿🌺🌿🌺🌿
fitrah adalah sifat asal; kesucian; bakat; pembawaan (KBBI)
 ✔ fitrah seksualitas adalah tentang bagaimana seorang berpikir, merasa dan bersikap  sesuai fitrahnya sebagai lelaki sejati atau perempuan sejati. (Harry Santosa)

Di Indonesia dan banyak negara lain, ayah hanya berperan sebagai pencari nafkah dan tidak dilibatkan dalam pengasuhan dan pendidikan anak. Tanggung jawab pendidikan dan pengasuhan anak diserahkan kepada sosok ibu.

Padahal, sosok ayah dan ibu harus ada sepanjang masa mendidik anak anak sejak lahir sampai aqilbaligh, sehingga fitrah seksualitas anak dapat tumbuh indah paripurna.

Khususnya dalam agama islam ayah sangat berperan peting dalam proses pendidikan keluarga.
_Jika ibu adalah madrasah utamanya, ayah adalah kepala sekolahnya._
Ayah adalah
pemimpin
evaluator
penentu visi dan misi keluarga
sedangkan…
ibu adalah
eksekutor

✔ Mengapa kehadiran ayah sangat penting?
 - ayah adalam imam/ pemimpin dalam keluarga yang akan dimintai pertanggung jawabannya di akhirat kelak.
- anak butuh contoh langsung dari ayah, anak lelaki agar bisa meneladani dan anak perempuan agar tak kehilangan pengayom.

✔ Banyaknya ayah yg enggan terlibat dalam mendidik anaknya memunculkan fenomena Negeri tanpa ayah/ Father Hunger Yang berarti negeri dimana anak-anak merasa tidak memiliki Ayah.
Anak-anak tidak merasakan kehadiran dan sentuhan sosok ayah dalam kehidupan mereka, walaupun sang ayah ada dan hidup bersama mereka.

✔ Fatherless country/father hunger adalah keadaan dimana ayah ada secara fisik, tapi secara psikologis kehadiran ayah tidak ada di dalam jiwa anaknya.

✔ Faktor terjadinya father hunger:
- ayah terlalu sibuk bekerja yang mengakibatkan kurangnya komunikasi dan rasa dekat dengan anak
- perlakuan sang ayah  kasar terhadap anak sehingga anak tidak lagi merasakan kehadiran sosok ayah dalam hidupnya.

Sebuah penelitian yang dilakukan di tiga puluh tiga propinsi di Indonesia antara tahun 2009 sampai dengan 2010 memberikan kesimpulan bahwa negeri kita Indonesia layak untuk dinobatkan sebagai salah satu Negeri Tanpa Ayah. Bukan karena banyaknya anak yatim yang ditinggal mati ayahnya. Tapi karena para ayah yang tidak mau memperhatikan perkembangan anak-anak mereka.

Ibu Elly Risman, salah seorang peneliti yang terlibat dalam penelitian tersebut mengatakan bahwa setelah melakukan wawancara kepada sekian banyak pasangan suami istri, terbukti bahwa di Indonesia peran ayah dalam mendidik anak sangatlah minim.

Banyak pasangan yang mengira bahwa di dalam keluarga, tugas ayah hanya bekerja dan mencari nafkah, sedangkan kewajiban mendidik dan merawat anak itu adalah tugas seorang ibu.

Dampak dari Fenomena father hunger:
1. Anak cenderung minder dan rendah diri serta sulit adaptasi dengan dunia luar.
2. Anak memiliki kematangan psikologis yang lambat dan cenderung kekanak-kanakan
3. Anak cenderung lari dari masalah dan emosional saat menghadapi masalah
4. Terjadinya perilaku seksual yang cenderung menyimpang.
5. Anak Kurang bisa mengambil keputusan dan ragu-ragu dalam banyak situasi yang membutuhkan keputusan cepat dan tegas
6. Memiliki kesulitan belajar terutama karena fungsi otak besar sebagai pusat berpikir tidak terstimulasi dengan baik.
7. Bagi anak wanita, ketiadaan AYAH mempengaruhi perilakunya saat remaja.

✔ Jika Anda amati kerusakan pada anak-anak, pada umumnya berasal dari sisi AYAH. (Tuhfatul maudud bi ahkamil maulud)

✔ Jadi apa yang harus ayah lakukan untuk memaksimalkan perannya sebagai pemimpin keluarga untuk menghasilkan anak yang tumbuh sesuai dengan fitrah seksualitasnya?
1. Kuatkan pondasi keimanan anak sejak dini
2. Mendidik anak mulai dari aspek aqidah, akhlaq, sosial kemanusiaan dan jasmani
3. Ajarkan anak untuk membaca dan memahami Al-Quran
4. Menjadi figur ayah sebagai sosok lelaki sejati dan menjadi panutan bagi anak
5. Mendidik anak sesuai gendernya, seperti untuk anak laki-laki, latihlah ia untuk menjadi imam solat berjamaah, latih sikap kepemimpinan, latih untuk menjadi seorang yang bijak, dan latih keterampilan fisik. Untuk anak perempuan, perintahkan ia menutup aurat, bersama ibu, latihlah ia untuk senang mengerjakan pekerjaan rumah.

DISKUSI

Renie Iip: Bagaimana seorang ibu yang single parents, bisa mengisi Peran Ayah ini utk mendidik anak anak nya? Apalagi di masa2 usia2 menjelang aqil baligh..
Pdhl sang ibu juga harus bekerja menafkahi keluarganya
Rina : Jika ayah sudah tiada, keluarga tetap bisa menghadirkan figur ayah, bisa dari kakek atau paman yg bisa menjadi qudwah yg baik untuk si anak.
Hal ini pula yang dialami oleh Rasulullah Shollallohu 'alaihi wa sall. Di mana peran keayahan di saat beliau kecil, diambil alih oleh kakek dan dilanjutkan ke pamannya yakni Abu Thalib. Hal ini tentu saja dikarenakan begitu vitalnya peran ayah di usia dini.
Tia: Nah ini sedari kemarin juga banyak contoh kasus single parent ya... termasuk Rasulullah SAW juga tumbuh tanpa ayah. Namun selalu ada 'sosok' pengganti ayah, yakni kakek dan pamannya...
Memang tantangan sekarang yaa.. single parent belum tentu ada keluarga dekat. Ditambah lagi harus cari nafkah. Tapi melihat betapa pentingnya peran ayah, sebaiknya diusahakan yaa
Rina : Nah tantangan untuk si ibu jika ia dalam kondisi yg berjauhan dgn keluarganya. Menurut saya si ibu harus tetap berusa keras dlm mendidik anak2 nya dan mungkin bisa dekatkan ia dengan guru ngaji/ pak ustad yg ia hormati agar bisa menjadi qudwah untuknya
Widya: Betul juga ya mba mungkin saja ada keterbatasan tidak bisa menemukan sosok pengganti ayah di keluarga sendiri. Berarti bisa dengan pihak luar ya?
Tia : Nah ini... kalau contoh kasus  ayah ibu LDM, tentu waktu bertemunya hanya sedikit ya... Jadi tiap ada kesempatan harus jadi quality time. Misal saat berkesempatan antar anak les, jadi father-daughter ato father-son quality time, ngobrol aja dari hati ke hati
widya: Kalau saya pribadi sbnrnya lebih tertantang menjadikan ayah itu idola bagi anak anaknya
Renie: Nah ini yg banyak saya temui dan alami mba.
Gak ada sodara terdekat..
Waktu utk bertemu kan tdk setiap saat..
Tia : Bisa juga memanfaatkan fasilitas video call untuk telpon ayah
Rina : Nah betul.. Teknologi sekarang ga seharusnya membatasi kedekatan anak dgn ayahnya ❤
Widi : Terasa sekali memang jika tumbuh kurang figur Ayah. Saya bersinggungan dengan teman2 yg "yatim" dan emang pergaulannya subhanallah.. 😒😒

Rina : Persoalan father hunger ini memprihatinkan bgt ya..
Saya inget pernah baca suatu kisah tentang seorang anak yg ingin membeli waktu agar ia bisa memiliki waktu bersama ayahnya..
Miris dan sedih bgt 😒😒
Ayah ada, ayah tiada 😭😭😭

Dyas: Boleh nanya ya, bagaimana jika peran ayah sebagai pemimpin tertukar dengan peran ibu, krn ibunya lebih dominan ?
Widya : Mencoba menjawab ya mba dy. Ini sejujurnya pengalaman pribadi saya sndiri sih mba. Kalau mnrt saya tetap ga bs ditukar mba antara peran ibu dan bapak. Memang ad yg bilang namanya juga jodoh. Tp kalau prinsip saya waktu itu milih jodoh ya yg harus sesuai visi misi mba. Kita saling menguatkan. Bukan saling dominan. Soalnya kalau ibu yg dominan tetap ga bagus sih mba.. terutama buat anak cowo
Tia : Ini saya sempat merasakan sih mba.. tumbuh di keluarga yg ortunya sama2 bekerja & LDM, ibu terkesan lebih dominan, lalu saya menikah dengan suami yg ibunya bekerja di ranah domestik (dominan bapak), saya merasa jomplang...
Jadi selama muda saya ga tau peranan istri tuh harus melayani suami kyk gimana di rumah... sampe suami minta diambilin air putih aja awalnya merasa bingung kok ga mandiri banget πŸ˜… Padahal sewajarnya fitrah istri kan meladeni dan melayani suami ya
Jadi memang sebisa mungkin suami istri harus sevisi (benar kata mba widya), gimanapun karirnya, fitrah istri dan ibu itu ngga bisa digantikan dengan fitrah suami

 Penutup




Slide ini closing dr kita kelompok 8 bisa direnungi terlebih dahulu.. semoga kita semua diberikan kemudahan untu mensupport suami tercinta menjadi ayah yg menjalankan fitrahnya dan jadi idola anak kita sepanjang masa

MENUTUP AURAT



MENUTUP AURAT








Presentasi Oleh Kelompok 7

Cerita 1

Suatu hari, Dito pergi ke taman bermain dengan ayah dan ibu, tapi Dito ingin pipis dan toiletnya jauh di sebelah sana
πŸ§’πŸ» : Ibu, Dito mau pipis
πŸ§•πŸΌ : Ayok Dito, kita ke toilet
πŸ§’πŸ» : Toiletnya jauh Bu, pipis disini aja
πŸ§•πŸΌ : Tidak boleh pipis di sembarang tempat, Nak
πŸ§’πŸ» : Kenapa Bu? Dito gak tahan lagi
πŸ§•πŸΌ : Ditahan sebentar ya, yuk kita jalan kesana. Kalo pipis sembarangan, kira-kira boleh gak ya menurut Dito?
πŸ§’πŸ» : Engga boleh ya kan Bu? Kan malu yaa Bu?
πŸ§•πŸΌ: Betul Nak, selain tidak sopan dan tidak boleh, pipis sembarangan bisa mengotori taman
πŸ§’�� : Oohhh, jadi begitu yaa bu

Akhirnya Dito-pun sampai di toilet, dan akhirnya pipis di toilet laki-laki bersama Ayah.

Cerita 2

Di suatu siang hari yang panas terik, Rissa berada di luar rumah hanya dengan memakai kaos dalam. Ibu yang melihatnya menegur dan meminta Rissa untuk memakai pakaian dengan lengkap jika berada di luar rumah..
Rissa tidak mau karena udara sangat panas

πŸ‘§πŸ» : Rissa gak mau ah buu.. Panas
πŸ§•πŸΌ : Kalo Rissa tidak mau pakai baju, Ayo kita masuk ke dalam rumah
πŸ‘§πŸ» : Engga mau buu, panas.... Rissa lagi ngadem disini yg sejuk kena angin
πŸ§•πŸΌ : Di dalam rumah kan ada kipas angin. Rissa boleh diluar kalo mau pakai bajunya dengan lengkap
πŸ‘§πŸ» : Ibuu ini kan Rissa pakai baju
πŸ§•πŸΌ : Itu hanya kaos dalam, sayang. Bukan baju bermain... Ayuk dipakai, nak
πŸ‘§πŸ» : Memangnya kenapa sih bu, kan gerah
πŸ§•πŸΌ : Coba menurut Rissa, kalo ada orang lewat, Rissa malu tidak ya?
πŸ‘§πŸ» : Ohhh iya yaa Bu.. Rissa mau pakai baju aahh
πŸ§•πŸΌ : Selain untuk menutupi rasa malu, pakaian juga untuk melindungi diri dari panas matahari dan dari orang yang berniat jahat.
πŸ‘§πŸ»  : Rissa gak ngerti buu
πŸ§•πŸΌ : Maksudnya, kalo Rissa tidak pakai baju, ada orang yang berpikir Rissa sedang mempertontonkan aurat. Ada orang-orang yg berniat jahat dan suka melihat aurat orang lain. Kita harus menjaga diri
πŸ‘§πŸ» : Aaaaah Rissa takut Bu...
πŸ§•πŸΌ : Maka dari itu, kita harus melindungi diri sendiri dengan berpakaian yang baik...
πŸ‘§πŸ» : Rissa ngerti sekarang Bu...
πŸ§•πŸΌ : Alhamdulillah...

Respon :

Tia : Nah ini ponakanku ada yg umur 7 taun, kalo di rumah cm pake celana kolor (ga pake kaos dalam, karena gerah katanya).. anakku jadi nanya mulu, "Kok mas ga pake baju?" Berhubung anak orang, ditanya malah didebat  balik πŸ˜… jadi aku bilang ke bocah, karena masnya lagi kepanasan...

Widya : Wah untuk yg ini setuju mba.. tidak membiasakan hanya pakai baju dalaman untuk anak anak kalau diluar rumah. Apalagi anak cewe kali ya...

Tia : Kalo udah memberi pengertian di rumah, tapi ada contoh dari orang sekitar yg kurang baik, susah juga yaa..

Rizki : Cerita Nay hampir tiap ganti baju Minta lengan panjang. Kalo kehabisan protes katanya kelihatan widi : Hihi emang lebih menantang yaaa kalo udh sama orang lain.. tinggal anak sendiri dibekali juga utk jaga pandangan dan tahu bahwa itu tidak boleh πŸ˜ƒ

Siti Cholidah: Iya mba. Kuatkan dari dalam mba. Jelaskan fungsi pakaian utk menutup aurat dan malu jk terlihat auratnya. Selain itu jg bs d beri pengertian agar terhindar dr kuman atau kotoran lainnya😊

Widi : Betul challengenya memang gitu bu tia. Jadi uda diajarin baik baik dirumah eh ngliat contoh yg begitu itu..

Shally : memang harus kuat penegakan prinsip dalam rumah yaa supaya ga terpengaruh sm yg diluar

Uli : Dr kecil gak mau pake yang you can see gitu sama rok, celana pendek juga gak mau

Cerita 3

Suatu hari sepulang sekolah ketika Lila sedang menunggu di jemput oleh Ayahnya, Lila menunggu di taman bermain depan sekolahnya.
Karena tidak seperti biasanya, Ayah terlambat menjemputnya. Lila menunggu dengan beberapa teman yang belum dijemput juga.
Entah mengapa tiba-tiba, Lila merasakan hal aneh ketika ada orang yang memegang bagian tubuh yang tidak boleh dipegang orang lain.
Lila menjerit dan berlari. Namun orang itu membungkam mulutnya. Lila kemudian menggigit orang itu dan berteriak minta tolong.
Alhamdulillah tidak lama berselang, pertolongan datang. Ada bapak satpam sekolah yang memang sedang berjaga dan tadi sedang tidak ditempat.
Alhamdulillah leganya Lila.
Kemudian, Lila menunggu di dalam sekolah agar tidak terjadi lagi hal-hal menyeramkan itu.
Lila takut. Lila harus cerita tidak yaaa sama ayah?
Lila takut Ayah marah tidak yaa?
Lila masih menangis ketika Ayah datang dan segera memeluk Ayah
Lalu dengan sabar, Ayah menenangkan Lila. Kata ayah begini :
Tindakan Lila sudah benar, dengan berteriak dan menghindar. Ayah tidak marah, tapi Ayah bersyukur sekali tidak terjadi sesuatu yang buruk pada diri Lila.
Jadi sebaiknya, tahan diri Lila kalau Ayah terlambat menjemput ya. Jangan bermain sendiri.
Ayah minta maaf sudah terlambat menjemput.

Respon :

Rumyimah: Mendidik anak untuk waspada. Jadi ingat lagu yang mbak reni share, sentuhan boleh, sentuhan tdk boleh. Anakku yang cowok, 4 tahun, saking supelnya, sama orang baru pun ngajak ngobrol ba-bi-bu. Gmn ya jelasin ttg kewaspadaan ini???syukur kalau ada yg punya link referensi plus lagunya kalau ada

Siti Cholidah: Bagus mba sifat supelnya itu, tinggal d arahkan jika ada org yg dia ga merasa nyaman jangan terlalu dekat. Biasanya anak memiliki insting yg kuat.
Jadi biarkan sifat supel itu berkembang. Ajarkan berulang2 ttg sentuhan. Itu saya praktekan ke anak2 saya.

Shally : perlu dijelaskan kalau ada orang boleh akrab atau tidak. Mbak rum bisa minta anaknya untuk meminta izin dulu sebelum mengobrol dengan orang lain, karena memang dalam usia segitu ibu masih berhak menentukan siapa yg boleh dekat. kadang ibu pun ga bisa menemani anaknya setiap saat kan πŸ˜‰

Widi :  Saya tambahkan yaaa mba ndah utk jawaban mba rum :
• Beritahu siapa saja anggota keluarga atau orang yang dapat dipercaya
• ajak anak berkomunikasi utk mengetahui kejadian yg dialaminya sehari2 misalnya jika ada org yg tiba2 memberi permen
• ajari anak utk meminta pertolongan jika dalam bahaya

 Tia : Setuju, sifat supelnya sangat bagus mbak Rumyimah...
Dijelaskan saja ke anak, ada informasi yg gak boleh diumbar ke org yg ga dikenal... misal alamat rumah, nama lengkap, nama ibu...
..