Sabtu, 22 Juli 2017

Tentang si kecil

Tantangan hari ke-8, Jumat 21 juli 2017
Sudah seminggu saya melatih kemandirian mbak Dina.  Putri sulung saya.  Kini saatnya saya beralih kepada Fahmi,  putra saya yang nomor dua.  Meskipun tidak dinarasikan disini,  tantangan kemandirian kepada mbak dina tetap berlanjut. 
Tentang si kecil Fahmi,  dia sekarang berusia 3 tahun 7 bulan.  Alhamdulillah sejak dua tahun sudah tidak pakai pampers kecuali kalau pergi-pergi saja. Dan usia tiga tahun, toilet traininingnya sudah berhasil.  Dia lepas pampers sama sekali.  Dan untuk BAB BAK langsung ke kamar mandi.  
Ditantangan kemandirian ini saya ingin melatih Fahmi untuk makan sendiri. Bukannya dia tidak bisa,  kadang keasyikan main atau rasa malasnya timbul. He.. He... (niru ibunya ini). 
Hari itu,  sy mendapat laporan dari mbak.  Makan pagi masih minta disuapin.  Akan tetapi makan siang,  sudah mau makan sendiri.  Malamnya Fahmi tidak makan besar.  Dia  biasa ngemil entah itu susu,  kue,  jus atau yang lainnya.  Dan ketika sudah merasa kenyang,  dia tidak makan berat lagi.
Bagi saya,  melatih kemandirian untuk Fahmi lebih menantang.  Sifatnya jauh beda dengan kakaknya.  Dia cenderung lebih ngeyel dan "kekeh"  terhadap kemauannya.  Kalau sekali bilang tidak,  dia tidak akan mau melaksanakan yang kami minta.  Dibujuk atau diimingi sesuatu pun tidak mempan untuknya.  Yach,  smoga sifat ini akan membawamu menjadi seseorang yang teguh memegang agamamu ketika kau besar nanti ya nak!!! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar